Langkah Awal Memulai Usaha Kuliner Yang Wajib Anda Terapkan Agar Cepat Sukses

Siohang.netSaat Anda memiliki rencana membuka usaha di bidang kuliner, pernahkah berfikir apa saja langkah awal memulai usaha kuliner tersebut? Hal inilah yang sering membuat kebanyakan orang menjadi bingung dan bahkan sedikit ragu. Pasalnya jenis bisnis yang satu ini terbilang terlalu mainstream karena sudah menjamur di masyarakat. Tiap ada pebisnis baru, pasti yang dijual makanan atau minuman, mulai dari tradisional sampai modern. Akan tetapi Anda jangan langsung patah arang dan mundur begitu saja. Kulineran memang merupakan bidang usaha yang mampu memberikan keuntungan manis, apalagi jika Anda tau strategi serta langkah yang tepat.

Langkah Awal Memulai Usaha Kuliner yang Wajib Anda Terapkan Agar Cepat Sukses!

Kenapa Bisnis Kuliner Begitu Diminati?

Makanan merupakan kebutuhan primer dan nomor satu bagi manusia. Tujuan utamanya memang sebagai sumber kehidupan karena manusia akan mati apabila sampai kelaparan. Akan tetapi kini makanan mempunyai fungsi yang bermacam-macam. Tidak hanya sebagai pemenuh kebutuhan tetapi juga mengikuti trend yang sedang berkembang dan bahkan hobi sekalipun. Terbukti dengan banyaknya masyarakat yang berebut di depan sebuah stand makanan lezat atau sedang hits. Bukan karena lapar dan keharusan untuk makan melainkan karena penasaran, keinginan mencoba atau ikut-ikutan orang lain saja.

Baca Juga:


Inilah yang kemudian memicu para calon pebisnis muda berbondong-bondong membuka bisnis di bidang kuliner. Bukan hanya memikirkan rasa tetapi juga berusaha menciptakan sesuatu yang baru serta unik agar bisa menarik perhatian pembeli. Terlebih lagi saat ini masyarakat Indonesia sangat gemar sekali makan, baik makanan utama maupun sekedar cemilan. Seakan-akan berbisnis kuliner tak ada matinya karena selalu diincar dan diminati. Meskipun prospeknya menjanjikan tetapi Anda juga harus memperhatikan langkah awal memulai usaha kuliner sebelum memulainya. Hal ini bertujuan agar bisnis tetap bertahan dan berkembang dengan pesat.

Langkah Awal Memulai Usaha Kuliner Yang Wajib Anda Terapkan Agar Cepat Sukses

6 Langkah Awal Mulai Bisnis Kuliner

Sebenarnya apa sajakah langkah awal memulai bisnis kuliner? Ada beberapa hal yang sebaiknya Anda pahami dan persiapkan terlebih dahulu. Terlebih lagi apabila Anda termasuk pebisnis pemula sehingga perlu memikirkan perencanaan secara matang. Berikut ini Siohang akan memberikan 5 langkah penting yang dapat memudahkan Anda!

  • Produk yang Akan Dijual

Hal pertama yang harus Anda pikirkan terlebih dahulu adalah mengenai produk apa yang akan dijual ke masyarakat luas. Terdapat berbagai macam jenis kuliner, Anda bisa memilih apakah ingin makanan western, tradisional, jenis pasta, sayuran, dan sebagainya. Ini sangat penting, selain untuk mempermudah dalam proses pemasaran juga bisa dijadikan sebagai ciri khas dari bisnis Anda sendiri.

  • Pikirkan tentang Modal

Setelah menentukan jenis kuliner apa yang akan dijual, selanjutnya adalah menghitung modal. Tidak hanya berupa uang untuk membangun toko, stand, atau membeli bahan baku saja melainkan juga modal mental. Sebelum benar-benar terjun ke dunia bisnis kuliner maka Anda harus siapkan mental agar siap menghadapi berbagai macam rintangan serta persaingan di pasar nanti.

  • Tentukan Target Pasar

Langkah awal memulai usaha kuliner selanjutnya adalah menentukan target atau sasaran penjualan. Jangan sampai Anda salah sasaran karena bisa mengakibatkan bisnis menjadi sepi pelanggan dan beresiko gulung tikar. Perhatikan dan pahami lebih dulu karakter calon pembeli, perkembangan kuliner di Indonesia, dan minat masyarakat mengenai jenis makanan tersebut.


  • Gunakan Bahan-Bahan Berkualitas

Mungkin sebagian besar orang beranggapan kalau bahan-bahan pengolah makanan yang mahal itu selalu berkualitas. Padahal tidak sepenuhnya begitu karena Anda bisa mendapatkan aneka jenis bahan makanan terjangkau namun tetap berkualitas. Tidak perlu harus memborongnya di swalayan dan serba bermerek. Anda bisa membeli semua bahan tersebut di pasar tradisional yang notabene harganya lebih murah serta masih sangat fresh.

  • Cari Tempat Strategis

Melakukan bisnis kuliner sangat bergantung sekali pada tempat. Kalau Anda sampai berjualan di lokasi sepi penduduk maka peluang mendapatkan banyak pembeli sangatlah kecil. Usahakan mencari tempat yang mudah dijangkau masyarakat, dekat dengan keramaian seperti pinggir jalan raya, dekat perkantoran, kawasan pabrik, dan semacamnya.

  • Lakukan Kegiatan Promosi

Agar bisa menarik perhatian masyarakat maka strategi marketing atau promosi menjadi hal paling penting. Anda bisa memanfaatkan berbagai macam fasilitas di sekitar, misalnya saja media sosial seperti Twitter, Instagram, Facebook, dan sebagainya. Selain itu, sempatkan juga melakukan promosi secara langsung yaitu terjun ke suatu daerah untuk mengenalkan bisnis kuliner tersebut. Cara ini juga sangat ampuh dalam menarik simpati calon pembeli karena Anda bisa berinteraksi dan menunjukkan produknya secara nyata.

Baca Juga: Peluang Usaha Makanan Dan Minuman Unik

Itulah enam langkah awal memulai usaha kuliner yang cukup mudah untuk diterapkan. Lakukan langkah-langkah di atas maka permulaan bisnis akan berjalan dengan lancar. Kemudian perhatikan pula manajemennya ketika sudah mulai berjalan. Selalu tinjau setiap perkembangan yang ada agar Anda bisa mengetahui apa saja kelebihan serta kekurangan dari bisnis tersebut.

0 komentar