Cara Jualan Online Shop Untuk Pemula Dengan Teknik Dropship

Cara Jualan Online Shop Untuk Pemula Dengan Teknik Dropship

Pada masa sekarang sudah banyak sekali pengusaha yang masih muda berbisnis di dunia online shop, dengan memasarkan produknya di toko online. Hal tersebut di kerjakan karena pada umumnya bisnis online lebih mudah dan juga lebih menghemat uang dari pada harus sewa lapak atau kios di tempat tertentu. Jika kalian termasuk pembisnis pemula yang ingin memulai usahanya di dunia online shop dan memasarkan produknya lewat toko online. Berikut Si Ohang akan memberikan tutorial Cara Jualan Online Shop silahkan simak.

Disini siohang akan memberikan Cara Jualan Online Shop Dengan Teknik Dropship. Mungkin bagi kalian belum banyak yang tau cara jualan online dengan teknik dropship, nanti saya akan berikan keterangannya di bawah secara mendetail dan cara memilih seller yang cocok untuk dijadikan patner. Dengan teknik ini bisa disebut Bisnis Online Tanpa Modal Dan Terpercaya.

Pengertian Dari Dropship

Mungkin kalian sering mendengar kata-kata dropship, jika kalian mempunyai usaha jualan pakaian dengan teknik penjualan di online shop, mungkin ada juga yang bertanya kepada kalian bisa dropship ataukah tidak. Dan mungkin bagi kalian yang mempunyai kekurang modal maka dengan teknik dropship salah satu jalan alternatif untuk usaha online shop tanpa modal.

Dengan teknik dropship maka seorang pemilik usaha online shop dapat mengembangkan jaringannya dan mempunyai peluang pasar yang luas. Bagi seorang dropship maka kalian dapat memiliki suatu barang produk untuk dijual tanpa harus kalian memiliki barang produk tersebut. Mungkin bagi kalian masih bingung dengan jualan online shop tekik dropship. Ok Si Ohang akan memberikan keterangannya lebih detail silahkan simak.

Skema dari dropship yaitu tehnik sebuah pemasaran dimana seorang penjual tidak menyimpan barang dan jika si penjual mendapatkan sebuah orderan maka si penjual akan meneruskannya kepada suplaiyer atau distributor, disini kamu disebut seorang reseller. Dan distributor akan mengirimkan barang tersebut dengan menggunakan atas nama kalian. Dengan cara seperti ini maka kalian seolah-olah mempunyai toko dengan memiliki stok barang yang banyak dan juga lengkap.

Keuntungan Teknik Dropship

  • Kalian tidak perlu stok barang banyak, dan kalian tidak perlu takut akan barang produk yang kalian jual tidak trend lagi atau tidak laku.
  • Tidak perlu capek atau mengemas barang dan juga mengirimkan barang.
  • Tidak perlu kontrak toko atau lapak sehingga tidak perlu tambahan biaya untuk sewa toko.
  • Kalian dapat menentukan harga jual sendiri, dikarenakan si konsumen akan mengirimkan uang ke rekening kalian sendiri dan kalian harus membayarkan uang hasil barang yang sudah laku kepada supllier.
  • Nama kalian dan nama toko akan ditulis sebagai pengirim.
Tapi bagi kalian yang ingin terjun ke dunia dropship harus berhati-hati, dikarenakan tidak semua distributor itu jujur dan juga tidak semua pembeli itu jujur. Kalian haus bisa memilih seorang distributor yang bisa dipercaya dan juga pastikan distributor mengirimkan barangnya kepada konsumen. Lantas bagaimana untuk memilih seorang supplier yang  terpercaya? Ok Si Ohang akan berikan tips triknya. Tips ini saya dapatkan dari sebuah forum IM (Internet Marketing) Forumnya para Publisher Ads.id.

Toko Baru 2 Bulan, Omset Sudah 17 Jutaan dengan teknik dropship

Cari Seorang Supplier Yang Terpercaya

Sebelum kalian membuka toko di online shop seperti Shopee, Lazada, Tokopedi, dan lain-lain, memilih supplier itu wajib yang pertama kalian lakukan. Trik untuk menjadi seorang yang sukses dari dropship yaitu memilih seorang supplier yang terpercaya dan juga ok, maka dari itu janganlah sembarangan memilih supplier.

Contok kita pilih saja suppliernya dari Tokopedia, di tokopedia ini bisa memantau supplier secara real time kapan terakhir dia login, bagaimana transaksi yang sukses dalam satu bulan terakhir, kecepatan pengiriman barangnya dan seterusnya.

Kriteria memilih supplier dari tokopedia
  • Lihat terakhir kali online, jika terakhir kali online satu atu dua hari yang lalu. jangan dipilih, carilah yang lima menit atau 20 menit yang lalu maksimal 4 jam yang lalu.
  • Lihat tingkat transaksi sukses..kalo dari 1 bulan dibawah 95% jangan dipilih. Cari yang 96% keatas.
  • Lihat kecepatan pengiriman, cari yang "sangat cepat". Kalo "cepat" saja, jangan dipilih.
  • Lihat nilai dan kualitas dari produk, cari yang rata-rata bintang minimal 4,6. Dibawah itu jangan dipilih.
  • Lihat pengiriman produk. Semakin banyak pilihan semakin baik dijadikan supplier. misal JNE, J & T, pos, dsb. Minimal 2 ya, JNE dan J & T.
  • Lihat di catatan penjual. Apakah dia menerima dropship atau tidak kalo tidak ada keterangan silahkan kirim pesan. Kalo dia balas tidak menerima dropship, cari toko yang lain.

Jika kalian sudah mendapat supplier yang menurut kriteria di atas mulailah buat toko onlinenya. Yang terpenting pilihlah satu supplier saja supaya tidak repot nantinya. Di toko shopee, jangan lupa cantumkan alamat kota sesuai dengan alamat supplier.

Mulailah Buka Toko di Shopee

Nah, supplier idaman sudah dapet, saatnya buka toko di shopee. Mungkin kalian juga sudah faham untuk cara register di toko online. Untuk membuat produk dan upload gambar pake manual saja upload satu per satu.

Build toko di shoppe

Buat logo dan foto utama di profil toko. Ini sebagai brand toko kita. Lihat catatan supplier di tokopedia, baca dan resapi baik-baik. Mulai dari jadwal pengiriman, no resi, disclaimer dan aturan lainnya. Salin catatan tersebut dalam deskripsi singkat. Bisa juga dibuat gambar (maksimal 5).
Segerakan upload foto kamu sambil megang KTP untuk dapet fitur free ongkir. 

Ganti Judul dan Deskripsi Produk 

Jangan pernah copy judul dan deskripsi produk dari supplier kalian harus cermati lagi mungkin ini yang membuat repot dan melelahkan. Terkadang dari supplier judulnya singkat, kurang jelas dan bahkan tulisannya baku. Contohnya, supplier cuma nulis judul produk "kaos polos grosir". Judul seperti  ini kurang bagus buat customer untuk minat sama produk. Dari contoh "kaos polos grosir" ganti ke judul "Kaos Polos Combed 30s Kerah V-Neck Harga Grosir". Nah, kalo dari judul baru itu konsumen jadi tau produk yang dijual secara jelas.

Judul sudah sekarang deskripsi produk

Pemasok barang nulis seadanya mengenai deskripsi produk. Buatlah deskripsi yang jelas dan bagus. Jelaskan manfaat nya. Misalnya kalian ingin menjualan jilbab tapi deskripsi dari supplier cuma ini, Sifon 110 cm x 90 cm, deskripsi seperti ini kurang bagus, coba kalian jabarin ke konsumen fitur tersebut ke manfaatnya. Contoh jilbab pashmina ini terbuat dari bahan sifon jadi kepala kamu tetap adem dan anti gerah. Ukurannya 110 cm x 90 cm lebih panjang dan lebar dari jilbab biasa jadi gampang buat kamu modifikasi. Deskripsi seperti itu mudah dipahami oleh konsumen kalian.

Modifikasi Foto Produk

Foto produk berkualitas yang bagus itu penting buat konsumen. Terkadang foto produk dari supplier ada watermarknya, foto buram, foto ukuran kecil, dan seterusnya. Solusinya, coba kamu minta ke supplier supaya foto produknya yang tidak ada watermarknya, untuk kamua pajang nanti di toko kalian.

Manfaatkan Promo Toko dan Voucher

Konsumen itu suka dengan harga diskon. Coba kalain klik di penjual center, cari di bagian promosiku. Silahkan atur tanggal awal promosi sampai akhir promosi. Supaya pelanggan betah atau suka belanja di tokokita kalian harus sediakan voucher. Kode voucher pasang di profil toko atau kirim obrolan ke konsumen yang sudah membeli. Silahkan kalian atur sendiri produk yang mau dikasih kode voucher.

Pasang Harga Sewajarnya

Penjual pasti nyari untung, ya betul. Tapi kalo sampe mark up sampai 100 -200% dari harga supplier ini menurutku kurang ya. Lebih baik untung 5000 per produk tapi jual perhari bisa puluhan. Kalo produk langka dan jarang dijual di shopee, wajar kalo mark up sampe 100%. Tapi kalo produknya kompetitif kalian tidak bisa bersaing di pasaran.

Kejar Star Seller

Ini salah satu fitur dari shopee buat penjual dengan kinerja yang baik. berilah kenyaman untuk konsumen supaya toko kita mendapat reputasi yang bagus.

Layanan ke Pelanggan Yang Baik

Nah, ini terakhir yang ga kalang penting. Walau kita cuma dropshipper bukan berarti kita asal-asalan buat pegangan konsumen. Kalau sudah dapet verifikasi orderan dari pelanggan, segeralah beli di supplier. Jangan tunda Segera masukan nomor resi. Kalau konsumen bertanya via chat harus cepat di balas jangan di acuhkan.

Mungkin itu saja yang bisa saya ulas tentang Cara Jualan Online Shop Untuk Pemula Dengan Teknik Dropship, semoga bisa menjadi referensi untuk kalian semua. Terimakasih

0 komentar